Sketsa Batik Besurek Bengkulu

Batik bengkulu biasanya di sebut dengan kain besurek. Namun masyarakat bengkulu memodifikasi motif motif sendiri yang sesuai dengan adat dan.

Batik Bengkulu Motif Kain Besurek Yang Bertuliskan Huruf Arab

Asal usul dinamakan batik besurek dikarenakan batik ini menggunakan motif motif bertuliskan kaligrafi arab.

Sketsa batik besurek bengkulu. Jalan jalan ke kota bengkulu tidak lengkap tanpa mencari kerajinan khas bengkulu. Batik kreasi dari bengkulu biasa disebut kain besurek. Dinamakan besurek bersurat karena batik yang dibuat di bengkulu umumnya dibuat dengan motif kaligrafi arab serta potongan ayat ayat suci al quran.

Batik besurek sebagai salah satu warisan budaya indonesia batik memiliki beragam peran dan fungsi dalam kehidupan masing masing masyarakat yang memilikinya. Pada umumnya batik bengkulu sering kali disebut atau dikenal dengan nama kain besurek. Salah satunya adalah kain batik bengkulu yakni kain besurek toko toko di kawasan anggut dan penurunan di kota bengkulu banyak memajang kain besurek di kawasan ini juga banyak dijual berbagai cenderamata dan kain tradisional khas bengkulu.

Batik bengkulu sering disebut dengan batik besurek. Sosial religius adalah salah satu contoh fungsinya. Asal usul batik bengkulu berasal dari tanah jawa.

Besurek merupakan bahasa melayu dialek bengkulu yang artinya bersurat atau tulisan. Bahkan di pulau jawa wastra tradisional ini memiliki fungsi ritual di awal sejarahnya sebagai legitimasi raja jawa. Para pedagang dan zaman jajahan dulu lah yang membawa kain batik hingga sampai ke bengkulu.

Besurek dalam bahasa daerah bengkulu artinya bersurat dalam bahasa indonesia. Kata tersebut berasal dari suku kata be termasuk awalan dengan pengertian ber dan surek yang berarti. Kain ini sangat sakral terutama pada pemakaian kain upacara adat pengantin dan untuk menutupi mayat.

Kemunculan batik di daerah bengkulu ini berawal dari abad 18 pada saat pangeran sentot alibasyah dan juga berserta keluarganya sedang mengasingkan diri di bengkulu. Batik besurek diperkenalkan pedagang arab dan pekerja asal india pada abad ke 17 kepada masyarakat di bengkulu. Kalua di jawa kain batik sangat populer dari zaman dahulu.

Budayawan bengkulu alcala zamora menjelaskan nama kain besurek dari bahasa bengkulu. Seiring dengan perkembangannya seni dalam membuat motif pada kain.

Kain Besurek Khas Bengkulu Kain Tekstil Gambar

Pin On Gambar Bunga

Paling Populer 12 Gambar Dekoratif Tanpa Maksud Jelas Disebut Di