ads/auto.txt Inilah Pola Makan yang Benar Menurut Ahli Gizi

Inilah Pola Makan yang Benar Menurut Ahli Gizi

Pola makan yang benar menurut ahli gizi sangat baik diterapkan semua orang. Dalam mensyaratkan pola makan sehat, ahli gizi selalu mempertimbangkan kebutuhan dan kesimbangan gizi dalam tubuh. Berdasarkan ulasan Dr. Kevin pada laman Alodokter, berikut ini beberapa pola makan yang benar dan sehat menurut anjuran ahli gizi. Pastikan Anda ikut menerapkannya ya!

Menambah Asupan Protein

Pola makan pertama ialah dengan menambah asupan protein. Perlu diketahui, protein mengambil peran penting sebagai salah satu pondasi utama dalam pembentukan otot, hormon, kulit dan berbagai jaringan pada sistem organ tubuh lainnya. Setiap sumber makanan yang mengandung protein tinggi juga efektif menurunkan berat badan karena melancarkan sistem metabolisme tubuh. Tidak hanya menurunkan berat badan, memenuhi asupan protein juga mempermudah langkah Anda mencapai tujuan pola hidup sehat. Setidaknya Anda harus bisa memenuhi kebutuhan harian protein sekitar 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria. Ada banyak makanan yang memiliki protein tinggi seperti telur, keju mozarella, kacang almond, dada ayam dan lain-lain.

Mengonsumsi Lemak Baik

Unsur gizi berikutnya yang dianjurkan ahli gizi ialah lemak baik atau lemak sehat. Terdapat 2 jenis lemak yang baik untuk tubuh manusia, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda seperti yang terdapat dalam asam lemak omega 3. Keduanya sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Bahkan dalam sebuah penelitian menjelaskan jika kedua jenis lemak sehat tersebut dapat meninggalkan kadar kolesterol baik dalam darah dan membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung maupun stroke. Selain itu manfaat dari lemak tak jenuh tunggal yaitu dapat menurunkan berat badan, mengurangi risiko kanker, mengurangi peradangan, dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang dapat mencegah penyakit diabetes. Contoh makanan mengandung lemak yang baik untuk kesehatan seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, alpukat, biji-bijian dan kacang-kacangan, bayam dan kubis, dan lain-lain.

Memilih Karbohidrat Kompleks

Dr. Kevin juga menyebutkan jika memenuhi karbohidrat kompleks termasuk pola makan yang benar dan wajib diterapkan secara rutin. Terdapat 2 jenis karbohidrat yang dibutuhkan tubuh manusia, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Ahli gizi sepakat jika karbohidrat kompleks merupakan kebutuhan yang wajib diutamakan dibandingkan karbohidrat sederhana. Layaknya protein, karbohidrat kompleks juga berperan sebagai sumber energi tubuh karena kaya akan vitamin, mineral dan serat. Beberapa sumber makanan yang kaya karbohidrat kompleks ialah nasi, pasta, roti, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong, brokoli, apel, wortel dan pisang.

Menambah Buah dan Yoghurt

Berikutnya menambah buah dan yoghurt dalam daftar menu harian Anda. Yoghurt termasuk sumber makanan yang kaya kandungan protein hewani, kalium, kalsium, zinc, magnesium dan vitamin. Selain itu, yoghurt juga mengandung bakteri baik yang efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menyehatkan organ pencernaan. Agar lebih nikmat dan kaya khasiat, Anda bisa menyajikan yoghurt dengan potongan buah segar seperti nanas, stroberi dan lainnya.

Penuhi Asupan Sayuran Segar

Dalam tulisan Hilaludin di laman Ob-fit, memperbanyak konsumsi sayuran segar juga termasuk salah satu cara mengatur pola makan yang benar. Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis sayuran berwarna-warni setiap harinya. Ketahui pula, berbeda warna sayuran maka berbeda pula nutrisi yang terkandung didalamnya. Contohnya saja sayuran dan buahan yang berwarna hijau yang berguna untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan peredaran darah. Sayuran kaya kandungan serat, vitamin dan mineral sehingga berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Maka dari itu, pastikan Anda memperbanyak konsumsi sayuran dalam menerapkan pola makan yang benar.

Penutup

Demikianlah bagaimana pola makan yang benar semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi kalian untuk hidup sehat. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dan salah dalam penyamapaian. Dan jangan kemana-mana tetap di sempoadunia.com