Skip to main content

Ini Dia Tujuan Pola Hidup Sehat dan Nikmati Manfaatnya

Apa sih tujuan pola hidup sehat? Dengan menjalankan gaya hidup sehat, mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, tidak minum alkohol, tidak merokok, dan berolahraga ternyata memang menghadirkan banyak manfaat. Tidak hanya sehat secara fisik dan mental saja yang diperoleh, tetapi Anda juga bisa merasakan beberapa perubahan kecil yang bisa didapatkan.

Cara melakukan pola hidup sehat mungkin awalnya sulit dilakukan. Tapi, kenapa tidak? Sebab jika ingin berkorban demi kesehatan tubuh lebih baik, Anda akan mendapatkan dampak yang jauh lebih menguntungkan. Lalu, apa saja tujuan dari pola hidup sehat?

Tujuan Pola Hidup Sehat yang Dapat Anda Peroleh

Tujuan dari pola hidup sehat sesuai dengan apa yang dimaksud dengan hidup sehat, maksudnya adalah ketika kita mengerti apa itu hidup sehat, kita akan tau tujuan hidup sehat.Ada beberapa manfaat dan tujuan yang bisa didapatkan sebagai berikut :

1. Menjaga Bobot Tubuh Tetap Ideal

Salah satu tujuan atau manfaat menerapkan gaya hidup sehat ialah dapat menjaga bobot tubuh tetap ideal. Cara menerapkan pola hidup yang sehat bisa dilakukan dengan berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan yang sehat. Hal ini tentu saja bisa menjaga agar berat badan tetap ideal dan dapat menghindari obesitas.

Anda bisa membatasi asupan makanan berbahaya bagi tubuh. Selain menerapkan pola makan yang benar, hindari juga makan-makanan terlalu manis, berlemak dan terlalu asin yang bisa menyebabkan masalah pada tubuh. Konsumsi buah, sayuran dan makanan yang berserat lainnya.

Di samping itu, tujuan hidup yang sehat dengan rutin berolahraga ialah bisa meningkatkan kesehatan organ kardiovaskuler dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap gangguan berbagai macam penyakit.

2. Dapat Meningkatkan Mood

Dengan menjaga cara makan yang sehat dan berolahraga termasuk salah satu cara untuk meningkatkan suasana hati atau mood Anda. Hal tersebut dikarenakan melakukan aktivitas fisik dapat merangsang produksi dari hormon endorphin.

Adapun hormone endorphin ini ialah zat kimia pada otak yang meningkatkan perasaan seseorang menjadi lebih rileks dan berbahagia. Selain itu, pola hidup sehat seperti ini juga dapat membuat pikiran lebih positif.

Selain itu, aktivitas lainnya yang bisa membuat pikiran lebih positif ialah dengan berkumpul bersama kawan atau berdiskusi, dan aktif dalam kegiatan sukarelawan juga bisa membuat suasana hati lebih Bahagia.

3. Mencegah Datangnya Penyakit

Menerapkan berbagai pola hidup yang sehat bisa membantu mencegah gangguan kesehatan tertentu. Seperti stroke, hipertensi, dan penyakit jantung. Tidak sedikit orang yang ingin memperoleh manfaat dari hidup sehat supaya terhindar dari gangguan penyakit. Selain itu, hidup yang sehat juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan kolesterol agar tetap aman.

Dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur serta melakukan program diet sehat juga bisa mencegah berbagai macam masalah kesehatan, diantaranya diabetes, sindrom metabolik, beberapa jenis kanker, depresi, dan radang sendi.

Selain itu, pastikan pula untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Dengan begitu, dokter pun akan mengecek berat badan, tekanan darah dan detak jantung Anda. Selain itu, jika memungkinkan dokter akan mengambil sampel darah dan urin Anda.

Dengan memeriksa kesehatan secara rutin, maka kesehatan Anda bisa selalu terpantau. Penting menindaklanjuti tindakan medis serta mendengarkan perawatan lebih lanjut demi meningkatkan kesehatan.

4. Hidup Lebih Teratur

Manfaat lainnya yang dapat dirasakan saat menjalankan pola hidup sehat ialah kehidupan Anda lebih teratur. Dalam hal ini, Anda akan lebih merasa terorganisir menjalankan kehidupan. Misalnya dengan rutin berolahraga, mempersiapkan makanan-makanan sehat yang dibawa ke kantor. Bahkan mungkin Anda jadi terbiasa merapikan kamar dan menjaga kebersihan lingkungan di rumah, untuk tetap menjaga kesehatan.

5. Lebih Percaya Diri

Saat berat badan dan kesehatan Anda terjaga, tentu saja membuat Anda lebih produktif lagi melakukan kegiatan. Dampaknya kepercayaan diri akan meningkat otomatis.

6. Meningkatkan Energi dan Stamina Tubuh

Tahukah Anda jika terlalu banyak mengonsumsi junk food, makanan kemasan dan minuman bersoda, bisa membuat tubuh mudah lelah dan capek? Ya, sebenarnya makanan-makanan ini bukan tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Sah-sah saja jika Anda mengkonsumsinya, asalkan masih dalam batasan, karena jika terlalu banyak bisa berbahaya bagi tubuh.

Mudah capek, lemas, dan mudah lapar merupakan dampak mengkonsumsi makanan tersebut. Maka dari itu, Anda bisa menerapkan gaya hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan sehat untuk diet, konsumsi daging yang tidak berlemak, makanan mengandung gandum utuh, perbanyak buah dan sayuran, serta pilih susu yang rendah lemak.Ada beberapa tips makanan sehat sehari hari yang baik untuk dilakukan, misalnya mengkonsumsi telur, mengkonsumsi ikan salmon, mengkonsumsi kacang-kacangan, mengkonsumsi oatmeal, mengkonsumsi minyak zaitun dan lain-lain

Lalu, Bagaimana Memulai Gaya Hidup Sehat?

Dengan banyaknya manfaat dan tujuan dari pola hidup yang sehat seperti di atas, kini saatnya Anda memulai menjalankan hidup sehat, dengan cara berikut ini :

1. Lakukan dari hal yang kecil

Buatlah resolusi hidup sehat yang pas buat Anda. Jika membuat resolusi sehat terlalu besar justru hanya memotivasi diri Anda saat di awal saja. Selain itu, bisa membuat Anda merasa kecewa jika tidak dapat mewujudkannya dengan cepat.

Anda bisa membuat atau merancang resolusi sehat sederhana dan lakukan dari yang mudah terlebih dulu. Seperti jika ingin menstabilkan berat badan, mulailah dengan cara mengubah kebiasaan pola makan dengan mengkonsumsi makanan lebih sehat serta mulai berolahraga dengan rutin.

2. Lebih fokus terhadap dampaknya

Pesan kesehatan selama ini hanya fokus dengan informasi inti saja tanpa memberi tahu tentang dampak positif yang disebabkan dari perilaku tadi. Karenanya perilaku yang dilakukan tidak akan berlangsung lama. Justru mengubah perilaku pola hidup sehat dengan fokus terhadap dampak perubahan yang terjadi akan sangat efektif mengubah perilaku individu.

3. Tidak perlu terburu-buru

Jika sedang memulai kebiasaan hidup yang sehat, sebaiknya bersabar. Sebab mengubah kebiasaan kurang sehat ke kebiasaan yang lebih sehat biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Menurut sebuah penelitian, ditemukan bahwa dengan mengubah kebiasaan membutuhkan waktu paling minimal 2 bulan atau bahkan lebih. Dengan demikian, Anda jangan berkecil hati jika perubahan baru bisa dirasakan dalam waktu cukup lama. Namun ketika Anda tergoda kembali dengan kebiasaan tidak sehat, sebaiknya jangan menyerah.

4. Butuh dukungan dari orang terdekat

Anda mungkin merasa malu mengungkapkan program resolusi sehat, karena takut orang lain menganggap remeh hal tersebut saat mendengarnya. Tapi, jika merasa ingin benar-benar mengubah pola hidup Anda, tentu saja Anda harus berani mengungkapkannya pada orang lain supaya Anda mempunyai orang yang selalu mengingatkan dan mendukung program tersebut.

5. Beri apresiasi pada diri sendiri

Hal yang paling sering dilupakan ialah memberikan hadiah untuk diri sendiri, ketika berhasil membuat pencapaian resolusi sehat, sekecil apapun hasil yang Anda peroleh. Adapun bentuk imbalannya, bisa saja dengan pergi menonton ke bioskop, atau dengan membeli makanan kesukaan Anda.

Dengan tujuan pola hidup sehat yang lebih positif, tentu saja Anda bisa menikmati hidup dengan optimal. Karena itu, lakukan gaya hidup yang sehat sekarang juga sebelum terlambat dan rasakan bagaimana dampaknya bagi diri Anda!

Penutup

Demikianlah tujuan pola hidup sehat, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi kalian. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dan salah dalam penyampaian. Dan jangan kemana-mana tetap di sempoadunia.com