Skip to main content

Cara Menjaga Pola Makan Sehat dengan Benar

Kini telah memasuki tahun 2020, tak terasa usia makin bertambah, kesehatan perlu dijaga agar bisa tetap bugar meski usia makin bertambah, yakni antara lain dengan cara menjaga pola makan sehat. Makan adalah kegiatan sehari-hari yang harus dIlakukan dengan benar sebagai bagian dari cara pola hidup sehat, karena akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Berikut ini caranya.

Kunyah Makan dengan Perlahan

Mungkin terdengar sepele, namun pengaruhnya sangat besar. Kunyahlah makanan dengan secara perlahan. Takayuki Yamaji, seorang ahli jantung di Universitas Hiroshima di Jepang dan penulis studi ilmu kardiovaskular menyatakan dalam suatu acara di American Scientific Sessions November 2017 silam, bahwa mengunyah dengan lebih lambat mungkin adalah suatu perubahan gaya hidup yang cukup penting guna membantu mencegah sindrom metabolik. Hal ini karena berdasarkan penelitian maka mengunyah perlahan itu akan bisa mencegah timbulnya obesitas dan masalah metabolisme, serta penyakit jantung, dan diabetes juga risiko stroke. Pada saat mengunyah dengan cepat dan tergesa-gesa maka sinyal otak bahwa tubuh sudah merasa kenyang itu akan terlambat diterima sehingga makan menjadi berlebihan fan menyebabkan fluktuasi glukosa yang lebih besar dan menyebabkan resistensi insulin lalu memicu diabetes dan lain sebagainya.

Kurangi Camilan

Mengkonsumsi camilan di sela-sela jam makan juga kurang baik, apalagi jika itu camilan yang tidak sehat. Menurut data dari Nielsen industri camilan di Amerika Serikat nilai jual camilan mencapai hingga 33 miliar dollar AS per tahunnya, dan rata-rata per rumah tangga menghabiskan 133 USD per tahun hanya untuk belanja camilan. Berdasarkan data dari riset yang lainnya dari NPD Group maka mendekati seperempat atau 24 % warga Amerika yang makan camilan di sela-sela jam makan, kendati camilan sehat, yang bukan hasil dari modifikasi rekayasa genetika, meningkat juga lebih dari 18 % dalam penjualan selama lima tahun terakhir di tahun 2015, lalu juga camilan yang bebas pewarna dan bebas dari perasa buatan naik 18 % dan makanan yang tidak mengandung atau berkurang kandungan gulanya meningkat sebesar 11 %.

Hindari terlalu sering order makanan dari luar

Menurut NPD maka layanan delivery atau pesanan makanan lewat telepon dan internet meningkat hingga mencapai 18 persen pada tahun 2014 hingga mencapai nilai 1,9 miliar USD dan kecenderungannya akan terus naik. Padahal memasak makanan sendiri di rumah itu lebih baik, bisa lebih sehat karena lebih higienis dan juga bisa lebih terkontrol kandungan nutrisi dan gizinya juga kadar pemakaian gula dan garamnya agar tidak terlalu tinggi. Sehingga makan di rumah dengan memasak sendiri di rumah itu jauh lebih sehat dan juga hemat jika dibandingkan dengan makan di restoran atau pesan order makanan via online atau yang lainnya secara layanan delivery. Sebaiknya juga jangan memesan atau membeli makanan pada saat kondisi sedang lapar karena akan memicu untuk memesan makanan yang lebih banyak dari porsi yang seharusnya diperlukan. Berdasarkan penelitian Centers for Disease Control and Prevention maka warga Amerika Serikat memperoleh pasokan sodium hariannya 75 % dari makanan olahan dan restoran. Hasil studi lainnya di tahun 2015 menunjukkan bahwa terdapat kelebihan rata-rata 200 kalori lebih banyak per tiap kali makan saat makan makanan di restoran atau memesan makanan dari luar secara delivery.

Kurangi Mengonsumsi Garam

Berikutnya Anda bisa menjaga pola makan sehat agar usia lebih panjang dengan cara mengurangi asupan garam. Mungkin Anda tidak sadar, namun faktanya mengonsumsi garam berlebihan sangat berisiko meningkatkan tekanan darah. Hal ini dipaparkan oleh CDC, berdasarkan tulisan Kahfi dalam laman Lifestylekompas. CDC merekomendasikan orang untuk mengonsumsi sodium kurang dari 2.300 miligram setiap harinya. Sedangkan untuk mereka yang berusia 51 tahun ke atas harus membatasinya menjadi 1.500 miligram per hari. Hanya saja, diketahui kebanyakan manusia mengonsumsi garam mencapai 3.400 miligram setiap harinya. Jelas ini sangat bertentangan dengan cara menjaga pola makan yang dianjurkan.

Jalani cara makan sehat tersebut, agar tubuh tetap bugar dan sehat meski usia terus bertambah.

Penutup

Demikianlah bagaimana cara menjaga pola makan yang sehat, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan semoga artikel ini menjadi referensi kalian. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dan ada yang salah dalam penyampaian. Dan jangan kemana-mana tetap di sempoadunia.com