Skip to main content

Cara Menjaga Pola Hidup Sehat Sesuai Anjuran Ahli Gizi

Di era yang semakin modern menjaga pola hidup sehat seolah sesuatu pekerjaan yang sulit. Hal ini disebabkan banyak orang yang sakit akibat dari kurangnya penerapan pola hidup sehat. Seperti halnya hasil penelitian dari University of Exeter Medical School, Elzbieta Kuzma. Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 196.383 orang yang berusia 60 tahun ke atas ditemukan 1,13 persen orang menjalani pola hidup sehat dan mengalami demensia. Sedangkan orang yang menjalani pola hidup tidak sehat ditemukan 1,78 persen mengalami demensia. Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa orang yang menjalankan pola hidup tidak sehat cenderung lebih rentan sakit.

Oleh karena itu, alangkah baiknya bila mulai saat ini kamu belajar untuk menerapkan cara pola hidup sehat dengan benar. Supaya kemungkinan untuk sakit semakin sedikit. Terutama bila telah berumur lebih dari setengah abad. Apalagi menerapkan dan menjaga pola hidup sehat juga bukan perkara yang sulit.

Perhatikan Konsumsi Makanan Sehari-hari

Menurut saya menerapkan pola hidup sehat harus dimulai dari niat dan konsisten yang kuat agar tetap selalu komitmen dalam menjalankan pola hidup sehat tersebut, selain itu, menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga harus diperhatikan. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan menu makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Pastikan, bahwa kamu selalu mengonsumsi makanan yang mengandung minimal 4 Sehat 5 Sempurna sesuai anjuran ahli gizi dan pastikan juga bahwa makanan yang kalian makan tersebut bukanlah makanan yang tidak sehat seperti gorengan. Hal tersebut dilakukan agar dapat menjaga tubuh kalian tetap sehat dan bugar.

Tambah Asupan Protein Harian

Tak hanya pola makan 4 sehat 5 sempurna, beberapa ahli gizi juga menyarankan agar kamu menerapkan pola makan sehat dengan menambah asupan protein harian. Hal ini dikarenakan protein memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Salah satunya adalah sebagai pondasi utama dalam tubuh. Hal ini dikarenakan protein berguna dalam pembentukan kulit, otot serta sebagian besar sel-sel dan jaringan di dalam tubuh.

Selain itu protein juga mampu menjaga berat badan menjadi ideal. Sehingga kamu akan terhindar dari obesitas. Dimana, seperti yang kita ketahui bahwa obesitas cukup berpengaruh dan memiliki andil yang cukup besar dalam membawa beberapa penyakit yang cukup serius dalam tubuh.

Jangan Takut Mengkonsumsi Lemak Baik

Kebanyakan dari kamu pasti takut mengonsumsi lemak, ketika sedang menjalankan pola hidup sehat. Namun ketakutan ini bukanlah sesuatu yang benar. Sebab, menurut Emilia Elfiranti Achmadi, seorang pakar nutrisi olahraga dan pencegahan penyakit menyatakan bahwa 30 persen dari pola makan sehat harus didatangkan dari lemak baik. Terutama bagi atlet, lemak harus dikonsumsi supaya tidak mengalami masalah. Lemak baik atau disebut lemak tak jenuh menurut jurnal Polyunsaturated Fatty Acids and Their Effects on Cardiovascular Disease, lemak tak jenuh dapat menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Apa saja contoh makanan lemak baik ? yaitu Alpukat, Keju, Telur, Biji Chia, Minyak Zaitun, Minyak Kelapa.

Olahraga Rutin

Olahraga rutin selama 3 sampai 4 kali dalam kurun waktu seminggu juga menyehatkan tubuh. Kamu tak perlu memaksakan olahraga berat. Olahraga ringan seperti senam atau yoga pun sudah cukup. Apalagi olahraga rutin juga mendukung pola hidup sehat yang kamu jalani. Sebab selain konsumsi makanan, menurut penulis olahraga rutin juga menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga pola hidup sehat.

Demikianlah artikel ini semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi kalian. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, mohon maaf jika ada salah kata-kata dan yang lainnya. Terakhir, jangan kemana-mana tetap di sempoadunia.com