Skip to main content

Apa itu Pola Hidup Sehat dan Bagaimana Cara Menerapkannya ?

Apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat? Pola hidup sehat merupakan pola hidup dengan memperhatikan semua aspek yang menunjang kondisi kesehatan tubuh. Dengan memperhatikan asupan minuman, makanan nutrisi dan perilaku yang dilakukan sehari-hari. Entah itu berbentuk rutinitas olahraga untuk menjaga stamina tubuh serta dengan menghindari diri dari semua pemicu timbulnya penyakit di dalam tubuh.

Kesehatan merupakan dambaan bagi semua orang. Untuk menjaga hidup sehat tentu saja dengan menjalankan aktivitas yang memperhatikan pola hidup sehat secara rutin. Kekayaan secara lahir maupun batin tentu tidak ada artinya jika Anda masih terjebak dengan situasi atau kondisi terkena virus penyakit maupun akibat tingkah laku diri yang kurang memperhatikan kondisi tubuh. Untuk itu kita perlu tips pola hidup sehat yang sederhana yang bisa dilakukan oleh seluruh orang, misalnya menjauhi stress, tidur yang cukup, menghindari gula, bijak dalam memilih makanan dan banyak sekali yang bisa dilakukan.

Manfaat Dari Pola Hidup Sehat

Manfaat atau tujuan pola hidup sehat itu sendiri tentu saja untuk memelihara kesehatan badan agar tidak gampang sakit. Namun menerapkan gaya hidup sehat mempunyai beberapa tujuan, diantaranya untuk memperoleh kesehatan rohani dan jasmani, dengan demikian kesehatan rohani maupun jasmani selalu tetap terjaga. Selain itu juga mempunyai kesehatan mental lebih stabil, agar tidak mudah mengalami depresi apalagi stress.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Langkah-langkah pola hidup sehat itu sendiri, salah satunya ialah dengan menjaga pola asupan makanan, seperti mengurangi asupan makanan berlemak dan mengandung karbohidrat tinggi, menghindari makanan berbahan pengawet. Selain itu, cara lainnya yang bisa diterapkan ialah dengan mengonsumsi buah-buahan atau sayuran yang cukup, memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara minum air putih. Ditambah lagi dengan berolahraga rutin, cukup beristirahat, kurangi begadang dan selalu memelihara kebersihan lingkungan.

Apa Saja Faktor yang Berpengaruh Pada Gaya Hidup Sehat?

Beberapa faktor pemicu pola hidup seseorang, diantaranya sebagai berikut :

1. Gaya Hidup

Gaya hidup individu tertentu tentu memberikan dampak bagi kesehatannya sendiri. Ketahui, bagaimana cara individu menjalankan gaya hidupnya, apakah dirinya sudah menerapkan pola hidup sehat atau belum. Pola hidup seseorang dapat dipengaruhi juga oleh lingkungan sosialnya. Pola hidup individu bisa diubah seperti dengan memberikan pembelajaran jika penerapan pola hidup sehat sangatlah penting. Pola hidup sehat sangat mudah untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang susah itu adalah komitmen dan konsistennya. Contohnya sebagai umat muslim yang berpuasa senin kamis itu merupakan hidup sehat ala rasulullah yang sangat di anjurkan

2. Merubah Gaya Hidup

Dengan perekonomian dan kemajuan zaman yang sudah begitu pesat, membuat banyak orang memilih cara instan untuk melakukan segala sesuatu. Kebanyakan orang sudah semakin malas bergerak, dan lebih memilih makanan dan minuman yang instan dan itu akan menjadi pola hidup tidak sehat yang harus dihindari. Karena itulah, mulai sekarang Anda harus menerapkan bagaimana cara mengubah gaya hidup dengan melakukan cara pola hidup sehat sederhana.

Dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat dan apa saja faktor yang mempengaruhinya? Tentu saja, Anda harus sudah mulai melakukan gaya hidup sehat, diimbangi dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang dianjurkan oleh ahli gizi berikut!

Tips Pola Makan Hidup Sehat yang Dianjurkan Oleh Ahli Gizi

Ahli gizi memiliki peranan penting untuk meningkatkan kesehatan sekaligus mencegah penyakit di setiap individu maupun masyarakat. Ahli gizi bisa dikatakan sebagai pakar yang memberi tahu dan mengajarkan masyarakat mengenai cara makan yang sehat dan gizi seimbang. Untuk menerapkan pola hidup yang sehat, salah satunya ialah dengan menjaga pola makanan yang dianjurkan oleh ahli gizi. Berikut saran dari ahli gizi mengenai makanan pola hidup sehat, diantaranya :

1. Asupan Protein

Pola makan pertama yang disarankan ahli gizi ialah dengan menambah asupan makanan berprotein. Seperti kita ketahui, bahwa protein berperan menjadi pondasi utama bagi tubuh dalam pembentukan otot, hormone, kulit, dan hampir keseluruhan sel maupun jaringan dalam organ tubuh. Di samping itu, asupan makanan yang berprotein tinggi berguna untuk menurunkan bobot tubuh. Ini dikarenakan makanan yang mengandung protein bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh, dampaknya pembakaran lemak dan massa otot tubuh menjadi bertambah. Selain itu tubuh juga akan merasa lebih kenyang.

Bisa dikatakan bahwa dengan asupan protein ini tidak hanya dapat menurunkan berat badan saja, melainkan juga bisa menjaga agar berat badan tetap ideal. Adapun kebutuhan harian protein yang paling direkomendasikan pada wanita ialah 46 gram, sedangkan pada pria sebesar 56 gram.

2. Asupan Lemak Baik

Ahli gizi juga merekomendasikan makanan yang mengandung lemak sehat. Kita tahu bahwa ada 2 macam lemak baik yang ada dalam tubuh, diantaranya adalah lemak tidak jenuh ganda dan lemak tidak jenuh tunggal. Berdasarkan penelitian, jenis lemak baik tersebut bisa menurunkan resiko gangguan kardiovaskuler dan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah. Adapun asupan lemak sehat harian yang direkomendasikan ialah sekitar 44-47 gram setiap harinya. Sumber makanan dengan kandungan lemak baik ini bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan, alpukat, minyak canola, minyak zaitun, tahu, kacang kedelai, ikan salmon, dan selai kacang.

3. Karbohidrat Kompleks

Tidak hanya lemak sehat dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh, ahli gizi juga menyarankan kita untuk mengonsumsi asupan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Jenis karbohidrat kompleks inilah yang sangat disarankan oleh ahli gizi.Sama halnya dengan protein, asupan karbohidrat kompleks juga termasuk sumber energi bagi tubuh. Hal ini dikarenakan jenis karbohidrat ini mengandung serat, mineral, dan vitamin di dalamnya. Anda bisa mendapatkan asupan karbohidrat kompleks dari roti, pasta, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang polong, apel, pisang, wortel, dan brokoli.

4. Tambahkan Yoghurt

Di dalam yoghurt terkandung kalsium, protein hewani, magnesium, vitamin B2, B12, zinc, dan kalsium. Olahan hasil fermentasi susu ini mengandung bakteri baik atau probiotik yang dipercaya bisa membantu meningkatkan daya imun tubuh sekaligus menyehatkan pencernaan tubuh. Yoghurt juga bisa mengatasi diare dan melancarkan sistem pencernaan pada anak. Supaya lebih nikmat lagi, Anda dapat menyajikan yoghurt dengan tambahan potongan fresh fruit, seperti  nanas, stroberi atau bisa juga dengan taburan flaxseed.

5. Jangan Lupa Serat

Serat adalah salah satu elemen gizi penting dan sangat dianjurkan ahli gizi. Fungsi serat baik sekali untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh, terutama pada usus Anda. Berbagai jenis serat pun ikut mendukung Anda untuk memerangi konstipasi, menurunkan kadar gula darah, dan penurunan berat badan.

Nah, itulah daftar makanan sehat sehari hari yang dianjurkan oleh ahli gizi untuk melengkapi program pola hidup sehat yang Anda lakukan. Selanjutnya, ada beberapa daftar makanan tidak sehat yang harus dihindari di bawah ini!

Daftar Makanan Yang Tidak Sehat

Jika Anda masih bingung menentukan mana makanan yang harus dihindari, berikut daftar makanan tidak sehat yang wajib ditinggalkan :

1. Kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang bisa membuat ketagihan. Sebenarnya boleh-boleh saja jika sesekali Anda meminumnya, hanya tidak disarankan meminum kopi saat perut masih dalam kondisi kosong. Sebab saat perut kosong, kopi yang dikonsumsi bisa memproduksi asam hidrolik sebagai penyebab timbulnya gangguan pencernaan.

2. Pemanis Buatan

Salah satu minuman berpemanis buatan ialah minuman bersoda. Sebab pemanis buatan dengan kandungan zat kimia sering digunakan dalam pembuatan minuman bersoda. Inilah kenapa banyak dokter yang melarang minuman bersoda, karena manis yang dirasakan hanya di lidah saja, sedangkan bagi tubuh sendiri bisa mengganggu kerja bakteri baik di dalam tubuh yang berperan dalam sistem metabolisme.

3. Gorengan

Lemak jahat pada gorengan bisa membuat tubuh tidak dapat mengendalikan lemak dengan efektif. Adapun lemak jahat yang berlebih bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Penutup

Bagaimana, kini Anda sudah paham apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat dan cara menerapkan pola hidup sehat, kan? Kini saatnya Anda mulai menerapkan gaya hidup yang sehat untuk menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh sekarang juga!. Demikianlah artikel ini semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi kalian. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dan salah dalam penyampaian. Dan jangan kemana-mana tetap di sempoadunia.com