Skip to main content

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Urgensi Kesehatan Reproduksi Wanita

Kesehatan reproduksi wanita penting artinya baik bagi keberlangsungan rumah tangga anda mendatang maupun persiapan memiliki buah hati. Adapun upaya menjaga kesehatan organ intim kewanitaan Anda bisa dilakukan mulai dari hal sederhana dan mulai dari sekarang.
Kesehatan Reproduksi Wanita
Adapun organ reproduksi wanita terdiri dari ovarium, tuba falopi, rahim, dan vagina. Dimana organ kewanitaan Anda memiliki peranan crucial mulai dari aktivitas seksual, produksi sel telur, menjadi tempat berkembangnya sel telur, hingga waktu melahirkan tiba. Karena itulah penting memperhatikan berbagai hal mengenai kesehatan reproduksi wanita.

Perencanaan Kesehatan Reproduksi Wanita

Kesehatan organ intim Anda harus direncanakan. Dewasa ini bukan hal sulit karena Anda bisa berburu banyak informasi dari berbagai sumber. Tidak terkecuali dari internet. Sebagai panduan membantu perencanaan kesehatan organ intim Anda, berikut beberapa hal yang wajib Anda tahu:

  • Menjaga Berat Badan Ideal

Kesehatan Reproduksi Wanita
Kelebihan berat badan ternyata berpengaruh pada produksi hormon dan ovulasi. Di sisi lain, berat badan berlebih juga cenderung meningkatkan kelembaban organ intim yang membuat bakteri dan jamur tumbuh subur. Untuk itu, Anda wajib menjaga berat badan jika ingin memiliki organ reproduksi yang sehat.

  • Mengonsumsi Makanan Sehat

Kesehatan Reproduksi Wanita
Makanan sehat seperti sayur, buah, gandum, dan biji-bijian dibutuhkan tubuh. Pasalnya beberapa jenis makanan tersebut kaya kandungan protein, lemak sehat, dan karbohidrat. Konsumsi makanan bernutrisi seimbang untuk memenuhi kebutuhan tubuh tanpa menyebabkan risiko obesitas.

  • Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Kesehatan Reproduksi Wanita
Melakukan pemeriksaan rutin dapat membantu mendeteksi jika memang ada penyakit serius. Anda perlu waspada akan sejumlah gejala penyakit misalnya ruam, benjolan, dan rasa sakit yang tidak wajar. Lakukan konsultasi dengan ahli kesehatan organ reproduksi secara berkala. Bila memang dibutuhkan lakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan yang menunjang lainnya.

  • Perencanaan Kehamilan


Kesehatan Reproduksi Wanita
Kehamilan yang direncanakan dapat membantu Anda lebih bersiap diri. Mulai dari fisik hingga mental. Dengan demikian si jabang bayi bisa tumbuh dan berkembang sehat dengan risiko gangguan yang minim.

  • Rutin melakukan Pemeriksaan Kesehatan Selama Hamil dan Pasca Persalinan


Kesehatan Reproduksi Wanita
Ketika Anda dinyatakan positif hamil, maka berhak mendapatkan pemeriksaan rutin. Dimana seorang wanita hamil setidaknya harus mendapatkan 4 kali pemeriksaan. Pelayanan kesehatan ini dibutuhkan agar bayi yang dikandung dan sekaligus sang ibu tetap sehat selamat hingga proses persalinan tiba. Pasca persalinan Anda juga tetap membutuhkan cek kesehatan rutin hingga kondisi dinyatakan stabil.

  • Alat Kontrasepsi


Kesehatan Reproduksi Wanita
Kesehatan organ vital wanita juga tidak bisa dilepaskan dari kemampuan melindungi diri dari penyakit seksual menular. Dalam hal ini penggunaan alat kontrasepsi, baik kondom atau lainnya dapat membantu menekan risiko penularan penyakit klamidia dan gonore. Selain itu, penggunaan alat kontrasepsi juga dapat menekan risiko kehamilan yang tidak direncanakan. Agar kesehatan reproduksi wanita tetap terjaga sekiranya penting pula untuk tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan seksual.

Demikian artikel cara mudah menjaga kesehatan reproduksi wanita, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Mohon maaf jika ada salah salah kata, dan jangan kemana-mana tetap di sempoadunia.com