Beginilah Cara Menghitung Diskon Suatu Produk dengan Mudah

Baca Juga

Beginilah cara menghitung diskon suatu produk dengan mudah. Pernahkah kalian pergi mall ataupun ke supermarket, dimana ketika memasukinya kita, banyak sekali barang-barang yang menawarkan diskon-diskon yang menggoda. Padahal sebenarnya kita datang ke mall untuk belanja yang keperluan masak, eh karna ada baju yang diskon jadi tergoda untuk membelinya. Pertanyaannya adalah bagaimana kita menghitung diskon tersebut, agar tau harga asli yang harus kita bayarkan ke kasir.
Ternyata Beginilah Cara Menghitung Diskon Suatu Produk dengan Mudah

Hello Selamat Datang di blog sempoa dunia, blog yang membagikan pelajaran-pelajaran yang mudah-mudahan bermanfaat buat yang nulis dan buat kalian yang datang di blog ini. Semoga apa yang kalian cari dapat kalian temukan di blog sempoa dunia ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara menghitung diskon suatu produk, atau biasa yang kita temui di mall atau supermarket yang diskonnya begitu menggoda, berapakah harga aslinya yang harus dibayar kekasir ?.

Diskon adalah potongan harga yang diberikan pada barang tersebut. Biasanya ketika kita ke mall ada diskon yang tunggal, maksudnya hanya satu kali diskon saja, ada pula diskon yang tambah-tambah, seperti beli sepatu diskon 50%+20%. Banyak sekali cara orang menjual produknya agar cepat laku, bahkan karena diskon yang begitu menggoda alias sangat tinggi banyak orang rela rebut-rebutan demi mendapatkan sesuatu barang yang sangat murah yang sangat jarang ditemui. Memberikan diskon adalah salah satu cara untuk menarik konsumen untuk membli produk kita dan bisa jadi ajang memperkenalkan produk kita ke orang lain, dan banyak sekali alasan orang memberikan diskon yang pastinya ada pertimbangan yang bisa memberikan manfaat kedepannya.

Untuk cara menghitung diskon sangatlah gampang, bedakan diskon yang hanya 50% saja dengan diskon yang 30% + 20%, walaupun dijumlahkan sama 30+20 = 50, namun bukan seperti itu cara menghitungnya, hasilnya pun nanti akan berbeda. Bagaimana cara menghitungnya diskon, yuk kita bahas dengan menggunakan soal berikut.

Cara Menghitung Diskon

1. Suatu hari, Andri pergi ke sebuah Mall, untuk membeli sepatu, ternyata di toko sepatu andri melihat sepatu diskon 50%, harga asli dari sepatu tersebut adalah Rp 500.000. Berapakah uang yang harus dibayar Andri ?
Jawab: Yang diketahui harga sepatu aslinya = 500.000, diskonnya 50%. Cara menghitungnya adalah kita tinggal kalikan 50% x 500.000 = 250.000 (ini Diskon). Uang yang harus dibayar Andri adalah 500.000 – 250.000 = 250.000, berarti Andri harus membayar sebesar Rp 250.000
Ternyata Beginilah Cara Menghitung Diskon Suatu Produk dengan Mudah

2. Suatu hari, Badu pergi ke Mall yang sama dengan Andri, dan ternyata melihat sebuah sepatu yang harganya Rp 500.000, tetapi diskonnya 30% + 20%. Berapakah uang yang harus dibayar Badu ?
Jawab: Yang diketahui harga sepatu = 500.000, diskonnya 30% + 20%. Untuk Cara menghitungnya adalah jika kalian paham dengan nomor 1 maka kalian bisa menjawab soal ini,
Pertama kita harus mencari diskon hanya 30%, yaitu 500.000 x 30% = 150.000 (Ini Diskon 1).
Kedua diskonnya yang pertama kita kalikan dengan 20%, sehingga 20% x 150.000 = 30.000 (Ini Diskon 2)
Ketiga harga awal kurangi dengan total diskon, sehingga 500.000 – (150.000+30.000) = 320.000. Berarti Badu harus membayar ke kasir sebesar Rp 280.000
Ternyata Beginilah Cara Menghitung Diskon Suatu Produk dengan Mudah

Dari soal tersebut dapat kita simpulan bahwa, yang paling murah ada sepatu milik Andri, makanya kita harus lebih paham tentang diskon agar tau berapa harga yang harus dibayar, dan kalian tidak akan mudah ditipu dengan diskon-diskon yang menggoda. Begitulah cara menghitung diskon, bagaimana mudah bukan ? jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share keteman-teman kalian atau kalian bisa memasukkan email kalian dibawah postingan berikut, semoga bermanfaat buat kita semua. Mohon maaf jika ada salah dan membuat kalian bingung, karena saya masih newbie baru belajar menulis. Terima kasih sudah berkunjung, jangan kemana-mana tetap di sempoadunia.com

Tidak ada komentar: